Asysyam

“Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensuciikan jiwanya, dan sungguh merugilah orang yang mengotori jiwanya”

Selasa, 12 April 2011

Kekuatan Sedekah

Nabi Muhammad bersabda, ketika Allah menciptakan bumi, bumi menjadi memanjang. Lalu Allah SWT menciptakan gunung, sehingga bumi kembali seperti semula dan menetap. Malaikat merasa heran melihat kekokohan gunung, lalu mereka berkata, “Wahai Tuhanku, adakah ciptaan-Mu yang lebih kokoh dari gunung?”
Allah SWT menjawab, “Ada, besi.”
Malaikat: “Wahai Tuhanku, apakah ada ciptaan-Mu yang lebih kokoh daripada besi?”
Allah SWT menjawab, “Ya, api.”
Malaikat: “Wahai Tuhanku, apakah ada ciptaan-Mu yang lebih kuat dari api?”
Allah SWT menjawab, “Ya, air.”
Malaikat: “Wahai Tuhanku, apakah ada ciptaan-Mu yang lebih kuat dari air?”
Allah SWT menjawab, “Ya, angin.”
Malaikat: “Wahai Tuhanku, apakah ada ciptaan-Mu yang lebih kuat dari angin?”.
Allah SWT menjawab, “Ya, seorang manusia yang bersedekah dengan tangan kanannya sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya.
======
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla berfirman pada Hari Kiamat, “Wahai putra Adam, Aku sakit dan engkau tidak menjenguk-Ku?” Ia menjawab, “Ya Rabbi, bagaimana aku menjenguk-Mu, sedangkan Engkau adalah Pemilik alam semesta?” Allah SWT menjawab, “Engkau mengetahui hamba-Ku si Fulan sakit dan engkau tidak menjenguknya. Apakah engkau tidak mengetahui andaikan engkau menjenguknya, engkau akan mendapati-Ku di sisinya.”
“Wahai putra Adam, Aku memohon makanan kepadamu, dan engkau tidak memberi-Ku makanan?” Ia menjawab, “Ya Rabbi, bagaimana aku memberi-Mu makanan, sedangkan Engkau adalah Pemilik alam semesta?” Allah SWT menjawab, “Apakah engkau tidak mengetahui bahwa hamba-Ku si Fulan mohon makanan kepadamu, dan engkau tidak memberinya makanan. Tidakkah engkau mengetahui, andaikan engkau memberinya makanan niscaya engkau akan mendapati-Ku di sisinya.”
“Wahai putra Adam, Aku memohon minuman kepadamu, dan engkau tidak memberi-Ku minuman?” Ia menjawab, “Ya Rabbi, bagaimana aku memberi-Mu minuman, sementara Engkau adalah Tuhan Pemilik alam semesta?” Allah SWT menjawab, “Hamba-Ku si Fulan meminta minuman kepadamu. Dan engkau tidak memberinya minuman? Andaikan engkau memberinya minuman niscaya engkau mendapati-Ku di sisinya.”
======
Allah SWT berfirman kepada Nabi Musa, “Wahai Musa, muliakan seorang pengemis jika dia mendatangimu, yaitu dengan memberinya sedikit (dari hartamu), atau menolaknya dengan cara yang baik. Sebab terkadang pengemis yang mendatangimu itu bukanlah jin dan bukan pula manusia, tetapi dia adalah seorang malaikat Tuhan Yang Maha Penyayang yang datang untuk mengujimu dalam hal harta yang Aku karuniakan kepadamu, maka bagaimana kamu berbuat dengan harta itu.”

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini