Asysyam

“Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensuciikan jiwanya, dan sungguh merugilah orang yang mengotori jiwanya”

Rabu, 05 Januari 2011

Afirmasi Positif


Afirmasi (Inggris : Affirmation) atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan penegasan. Afirmasi mirip seperti doa, harapan atau cita-cita, hanya saja afirmasi lebih terstruktur dibandingkan dengan doa dan lebih spesifik. Cita-cita atau sasaran membantu pembentukan gambaran di dalam daya pikir Anda. Mengucapkan afirmasi adalah membuat sesuatu dengan tegas dan kokoh. Sederhananya, dasar semua afirmasi adalah pemikiran positif. 

Setiap pagi dan sebelum Anda tidur, afirmasi untuk pagi hari adalah sebagai berikut: BERKAT RAHMAT ALLAH SWT "AKU SUKSES, AKU KUAT, AKU SEHAT, AKU MENANG, AKU BAHAGIA, AKU DIBANGGAKAN, AKU BERARTI, AKU KAYA". Afirmasi di malam hari sebelum tidur adalah sebagai berikut: "AKU PEMAAF, AKU DIMAAFKAN, AKU DAMAI, AKU TENANG, AKU MENCINTAI, AKU FOKUS, AKU SABAR". Sebenarnya secara harfiah, afirmasi adalah pernyataan yang kita yakini, kita ucapkan dengan haqqul al-yaqiin, bahwa itu seolah-olah sudah terjadi. Setiap afirmasi yang kita lakukan, akan mendorong energi-energi yang selama ini seperti angin namun tidak terlihat. Dengan afirmasi, energi tersebut berkumpul dan mendorong Anda lebih cepat mencapai impian Anda. Dalam afirmasi usahakan hindari kata "akan" dan "tidak".

Saya akan memberikan contoh afirmasi positif yang saya ambil pada situs web The Secret Indonesia. Kata-kata ini disusun secara terstruktur oleh Christian D. Larson, seorang  motivator yang bergabung dalam Tim The Secret. Berikut adalah afirmasinya:

Saya berjanji,
Untuk menjadi sangat kuat sehingga tidak ada yang mengganggu ketenangan pikiran saya.
Untuk membicarakan kesehatan, kebahagiaan & kemakmuran 
pada s'tiap orang yang saya temui.
Untuk membuat semua teman saya merasa bahwa ada sesuatu yang berguna 
dalam diri mereka.
Untuk melihat pada sisi yang riang dari segalanya 
dan membuat keoptimisan saya termanifestasi.
Untuk memikirkan hanya yang terbaik, untuk bekerja hanya yang terbaik dan 
untuk mengharapkan hanya yang terbaik.
Untuk sama antusiasnya dengan orang lain atas kesuksesan mereka 
seperti pada diri saya sendiri.
Untuk melupakan kesalahan di masa lalu dan menekan pada pencapaian terbesar 
di masa depan.
Untuk menunjukkan ekspresi gembira s'tiap waktu
dan memberi senyuman pada s'tiap makhluk hidup yang saya temui.
Untuk lebih banyak waktu meningkatkan diri saya 
sehingga tidak ada waktu mengkritik orang lain.
Untuk menjadi terlalu besar untuk ragu-ragu, terlalu mulia untuk marah,
terlalu kuat untuk takut, dan terlalu bahagia untuk mengizinkan kehadiran suatu masalah.
Untuk berpikir baik mengenai diri saya dan untuk memproklamirkan fakta ini pada dunia,
bukan dalam omongan saja, tetapi dalam perbuatan baik.
Untuk hidup dalam iman bahwa seluruh dunia berpihak pada saya,
selama saya benar untuk yang terbaik dalam diri saya.

Saudaraku  yang baik hatinya, yakinlah bahwa Anda adalah pribadi yang istimewa yang diciptakan Allah SWT di muka bumi ini. Bukan hanya menebarkan kebahagiaan, tetapi juga melakukan sesuatu yang sangat berarti bagi orang lain. Mari bersama-sama kita menjadi orang yang memang seperti apa yang kita inginkan. Ingatlah, selalu meminta sesuatu pada Allah SWT, karena Dia adalah Sebaik-baik Pemberi.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini