Asysyam

“Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensuciikan jiwanya, dan sungguh merugilah orang yang mengotori jiwanya”

Minggu, 03 Oktober 2010

Mengembangkan Kekuatan Kemauan dan Disiplin Diri

be yourself
Kebanyakan orang mengagumi dan menghargai pribadi-pribadi yang kuat yang telah memenangkan kesuksesan besar dengan menampakkan kekuatan kemauan dan disiplin diri. Semua orang yang melakukan perjalanan hidup, dengan kekuatan kehendak yang sepenuhnya, disiplin diri dan ambisi telah memperbaiki hidup mereka, belajar keahlian-keahlian yang baru, mengurangi berat badan mereka, menaikkan tinggi-tinggi bidang yang mereka pilih atau semakin maju dalam langkah spiritual mereka.
Kebenarannya adalah bahwa setiap orang dapat mencapai level-level yang tinggi dari kekuatan kemauan dan disiplin diri melalui suatu metode training yang praktis. Kekuatan batin seperti ini tidak disisihkan hanya bagi beberapa orang istimewa.
Kekuatan kemauan dan disiplin diri adalah dua hal yang paling penting dan menjadi kekuatan batin yang berguna bagi kehidupan setiap manusia, dan selalu disebut sebagai alat esensial untuk kesuksesan di seluruh area kehidupan. Mereka dapat dipelajari dan dikembangkan sebagaimana keahlian lainnya, namun kenyataannya hanya beberapa gelintir orang saja yang mengambil langkah-langka untuk berkembang dan menguatkan mereka dalam jalan sistematis.
Apakah Itu Kekuatan Kemauan?
Hal ini adalah kekuatan batiniah untuk membuat keputusan, mengambil tindakan, dan menangani dan melaksanakan tujuan atau tugas apapun hingga selesai dikerjakan, tidak perduli ada aturan baik di dalam maupun di luar, ketidak-nyamanan atau dan kesulitan-kesulitan.
Hal ini membuahkan satu kemampuan untuk mengatasi kemalasan, godaan dan kebiasaan-kebiasaan negatif, dan melaksanakan satu tindakan, meskipun membutuhkan jerih payah, tidak menyenangkan dan melelahkan dan berlawanan dengan kebiasaan sendiri

Apakah Disiplin Diri?

Hal ini adalah penolakan akan pemuasan secara instant untuk mengingini sesuatu yang lebih baik. Hal ini adalah menghentikan kesenangan instant dan pemuasan untuk suatu tujuan yang lebih tinggi dan lebih baik.
Hal ini memanifestasikan kemampuan untuk bertahan pada tindakan, pemikiran dan tindak tanduk, yang memimpin kepada perbaikan dan kesuksesan. Disiplin diri adalah kontrol diri, dan termanifestasi dalam disiplin spiritual, mental, emosional dan fisik. Tujuan dari disiplin diri sebenarnya bukanlah hidup dengan gaya hidup membatasi atau penuh aturan. Hal ini bukanlah menjadi berpikiran sempit atau hidup seperti seorang pendeta ynng asetik. Ini adalah salah satu pilar kesuksesan dan kuasa. Hal ini melimpahkan kekuatan batiniah untuk memfokuskan seluruh energi pada satu tujuan dan bertahan hingga terlaksana.

Kedua kemampuan ini dibutuhkan untuk tindakan-tindakan dan keputusan sehari-hari, dan juga membuat keputusan utama dan meraih kesuksesan utama. Keduanya dibutuhkan untuk memulai dan meneruskan belajar, membangun suatu bisnis, menurunkan berat badan, bodybuilding dan latihan fisik, memelihara hubungan baik, mengubah kebiasaan, pengembangan diri, meditasi, pertumbuhan spiritual, mempertahankan dan melaksanakan janji-janji kita dan untuk hampir setiap hal lainnya.
Salah satu metode yang paling sederhana dan efektif adalah mengembangkan kekuatan kemauan dan disiplin diri dengan cara menolak memuaskan keinginan-keinginan yang tidak penting dan tidak perlu. Setiap orang terus-menerus diperhadapkan dan dicobai dengan mata air keinginan dan godaan yang tidak pernah berhenti, banyak di antaranya tidaklah terlalu penting ataupun begitu diinginkan. Dengan belajar menolak memuaskan semua itu Anda akan bertumbuh menjadi lebih kuat.

Menolak dan menyingkirkan keinginan-keinginan yang tidak berguna, membahayakan dan tidak penting, dan bersikap berlawanan dengan kebiasan-kebiasaan Anda, menajamkan dan menguatkan kekuatan batiniah Anda. Dengan terus-menerus melatih kekuatan batiniah Anda bertumbuh, sama seperti melatih otot-otot Anda di gym akan meningkatkan kekuatan fisik Anda. Dalam kedua hal ini, ketika Anda memerlukan kekuatan batiniah atau kekuatan fisik Anda, maka akan tersedia pada saat diperlukan.
Berikut beberapa contohnya:
- Jangan membaca surat kabar selama satu atau dua hari
- Minumlah air putih jika Anda harus, dan bukannya memuaskan keinginan Anda untuk meminum soft drink.
- Cobalah naik atau turun ke lantai atas atau bawah tanpa harus memakai lift.
- Turunlah dari stasiun bis sebelum atau sesudah tujuan Anda, dan berjalanlah selanjutnya.
- Selama 1 minggu pergilah tidur 1 jam lebih awal dari biasanya
- Sesekali lawan keinginan Anda untuk makan es krim
Hal-hal ini hanyalah beberapa contoh dari begitu banyak latihan yang dapat Anda lakukan dengan tujuan mengembangkan kekuatan batiniah dan disiplin diri. Latihan-latihan seperti ini akan menambahkan dalam gudang kekuatan batiniah Anda. Dengan mengikuti metode training yang sistematis Anda dapat menjangkau kontrol yang lebih jauh atas diri Anda dan hidup Anda sendiri, raihlah tujuan-tujuan Anda, majukan hidup Anda terimalah kepuasan dan pemikiran damai.

Diadaptasi dari artikel “Developing Will Power and Self Discipline” oleh Remez Sasson

Cara Membangkitkan KEKUATAN INTUISI...

Pada bab ini saya ingin mengatakan kepada Anda, bahwa Anda bisa mempunyai "intuisi bisnis" - seperti umumnya seorang entrepreneur atau pengusaha. Anda pasti tahu, seorang entrepreneur seakan-akan tidak pernah kehabisan ide-ide, serta terkesan punya intuisi bisnis yang bagus. Karena jika tanpa kemampuan intuisi itu, seorang entrepreneur pasti akan banyak mendapat kegagalan di dunia bisnis - dan bisa saja gagal terus. Anda pun sebenarnya bisa memiliki intuisi bisnis yang bisa Anda lakukan untuk kesuksesan Anda.

Bagaimana caranya agar kita mendapatkan wawasan intuisi? Para peneliti tentang otak dan pikiran sudah menemukan bukti fisik tentang kekuatan pikiran pada waktu mereka memetakan bagian-bagian otak yang berbeda. Sekarang ini sudah disetujui secara luas, bahwa fungsi intuisi selalu disertai dengan kinerja belahan otak kanan; yang merasakan informasi holistik, berupa lambang, gambar-gambar atau kiasan-kiasan. Sedangkan fungsi logika analitik selalu disertai dengan kinerja belahan otak kiri; yang merasakan informasi logika, bentuk linier garis lurus, yang secara berangkai memproses satu keping informasi secara bersamaan.

Dari penelitian para ahli sudah disepakati bahwa jika seseorang bisa mengkondisikan otak nya pada sebuah pancaran "gelombang alpha", berkisar pada frekuensi 10 sampai 15 Hertz per detik, maka pikiran seseorang itu akan menjadi tenang dan rileks. Pada kondisi tersebut akan terjadi suatu reaksi lanjutan berupa aktifnya bagian otak sebelah kanan.

Kondisi inilah yang dibutuhkan untuk awal pemberdayaan dan pengembangan kemampuan otak kanan; yang pada gilirannya akan membantu untuk meningkatkan kekuatan intuisi kita. Tanpa kondisi frekuensi sekitar 10 sampai 15 Hertz per detik tersebut, pemberdayaan otak kanan akan sia-sia dan informasi tetap saja diserap secara otomatis ke dalam karakter otak kiri.

Mengembangkan otak kanan bukan berarti menyerang atau menghilangkan fungsi otak kiri yang rasional dan matematis itu. Pembelajaran mengembangkan kemampuan otak kanan secara intensif akan melengkapi cara berpikir seseorang, sehingga pola berpikirnya menjadi seimbang. Dalam jangka panjang, hal itu akan meningkatkan kualitas kehidupan yang positif dan dinamis bagi pribadi maupun lingkungannya.

Menurut Leonard Slain, dalam bukunya Art and Physic tahun 1991; perbedaan antara seorang artis seniman dan seorang ahli fisika terlihat dari caranya menganalisa persamaan matematika. Keduanya mungkin terlihat memandang sesuatu yang sama, tetapi mereka menginterpretasikan hal itu dengan cara berbeda; si seniman dalam bahasa lambang gambar dan kiasan-kiasan, si fisikawan dalam bahasa matematis. Sang seniman cenderung lebih menggunakan belahan otak kanannya, yang bertanggung jawab terhadap imajinasi kreatifnya, dan lebih banyak memakai kekuatan intuisinya untuk setiap aktivitas kerjanya. Sedangkan fisikawan lebih menggunakan belahan otak kirinya, berpikir dengan logika analitik.

Imajinasi kreatif, yang merupakan bagian dari karakter otak kanan adalah salah satu hal baik, tapi jarang sekali digunakan sebagian besar orang selama hidupnya. Andaipun itu digunakan, biasanya hanya faktor kebetulan semata. Hanya sebagian kecil orang menggunakan imajinasi kreatif tersebut dengan sengaja dan ditempatkan di pemikirannya.

Kalau tindakan otak dirangsang secara terus menerus, lewat impuls-impuls pemikiran imajinasi positif dan disertai dengan perasaan emosi jiwa; maka akan berpengaruh mengangkat orang tersebut jauh di atas cakrawala pemikiran biasa, dan terjadi aktivasi dari otak kanan; sehingga memungkinkannya bisa memiliki wawasan, ruang lingkup waktu dan kualitas yang tidak mungkin dicapai pada bidang pemikiran lebih rendah, seperti pikiran rutinitas.

Pada dasarnya, menggunakan teknik pikiran dengan kekuatan imajinasi kreatif ini dari bagian karakter otak kanan adalah agar kita menjadi semakin akrab dengan intuisi. Jika individu tersebut sudah mencapai tingkat pemikiran lebih tinggi ini, maka otomatis kemampuan pikiran kreatif diberi kebebasan untuk bertindak; imajinasi kreatif akan berperan langsung; dan jalan sudah dibuka agar indera ke enam bisa berfungsi.

Dan semakin sering Anda bergantung kepada kemampuan kreatif dari otak kanan ini, maka Anda akan mendesakkan kemampuan tersebut untuk impuls pemikiran Anda. Pada gilirannya, Anda akan semakin cepat tanggap terhadap suatu "intuisi", yang akan mengarahkan tindakan-tindakan Anda selanjutnya.

Menurut para ahli peneliti, suatu pemikiran bersifat seperti arus listrik, yang mengalir dari sel ke sel di dalam otak dan melewati sejumlah reaksi kimia. Sekarang sudah ada peralatan elektroda (Electroencephalographic) untuk melihat gelombang otak pada saat berpikir dan membayangkan sesuatu.

Jadi Anda dapat melihat terjadinya perubahan pada gelombang otak, pada saat ada perubahan pemikiran dan membayangkan sesuatu. Kemudian jika Anda dapat meningkatkan reaksi kimia pada hubungan diantara urat syaraf di dalam otak, maka Anda dapat mempercepat daya pikir selanjutnya.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kekuatan pikiran imajinasi kreatif dalam memvisualisasikan pikiran Anda; sehingga akan meningkatkan proses biokimiawi di dalam otak Anda, dan pada gilirannya menyebabkan kondisi pikiran akan menjadi "lebih intuitif". Pikiran akan lebih cepat tanggap terhadap ide atau gagasan dalam keadaan pemikiran lebih tinggi; yang tidak bisa dicapai individu dalam keadaan pikiran biasa.

Singkatnya, dengan cara mengubah fungsi biokimiawi dan elektrika sel-sel di dalam otak dengan pemikiran-pemikiran imajinatif, maka potensi-potensi kreatif akan dapat kita keluarkan dan kita manfaatkan.

Kekuatan intuisi atau sering disebut "indera ke enam" ini merupakan sebuah kemampuan yang membedakan antara individu jenius dan individu biasa-biasa saja. Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat dari indera ke enam. Melalui indera ke enam (intuisi), Anda akan mendapat peringatan tentang ancaman bahaya tepat pada waktunya; agar dapat menghindarinya; dan Anda akan diberitahu mengenai kesempatan pada waktunya, agar Anda bisa menangkapnya.

Gagasan yang diterima lewat kemampuan imajinasi kreatif, jauh lebih bisa diandalkan; sebab datang dari sumber kekuatan tak terbatas, dibandingkan jika itu berasal dari kemampuan pertimbangan akal logika saja.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menggali dan mengembangkan kekuatan intuisi untuk bisnis Anda. Jika Anda percaya dan yakin, segera lakukanlah hal-hal berikut ini, untuk mengasah dan mengembangkan intuisi Anda:

Pertama, cobalah untuk mengingat-ingat darimana gambaran-gambaran, ide-ide, wawasan, firasat atau "ilham" Anda, yang muncul pada waktu itu. Kadang-kadang, kita tiba-tiba mendapatkan ide-ide atau gambaran ke depan, yang pada saat ini belum kita jalani. Ingatlah waktunya, prosesnya dan periksalah kejadian tersebut. Anda dapat menetapkan bagaimana perasaan saat itu, pertandanya atau gambarannya. Pusatkan perhatian pada bagaimana rasanya.

Ke dua, catatlah adanya suatu desakan apa? Yang Anda rasakan sangat mendorong Anda untuk melakukan sesuatu. Dan tanggapilah itu berdasarkan apa yang diarahkan oleh energi yang Anda rasakan tersebut.

Ke tiga, cobalah ceritakan pengalaman Anda tentang datangnya gambaran-gambaran firasat itu kepada orang lain, jangan Anda simpan sendiri pengalaman intuisi Anda. Bentuklah sebuah perkumpulan dari teman-teman Anda yang sepaham dengan Anda untuk berbagi pengalaman intuisi ini.

Ke empat, dengarkanlah dan bacalah pengalaman orang lain; jangan Anda remehkan atau Anda menganggapnya "angin lalu" cerita orang tentang hal-hal bersifat intuisi, firasat ataupun hal gaib. Cobalah memahami pengalaman orang lain, karena seringkali cerita pengalaman dari orang lain itu mengandung sebuah intuisi bisnis bagi Anda. Anda bisa memanfaatkannya.

Ke lima, seringlah melakukan dzikir "Laa ilaha illallah" dengan penghayatan khusuk, dan mengingat kebesaran Allah SWT yang menciptakan bumi dan seisinya ini. Dan yakinlah bahwa Allah pasti akan membantu Anda, jika Anda mempercayaiNya. Ingatlah firman Allah di sebuah Hadits ini: "Aku adalah sebagaimana yang diprasangkakan (dipikirkan) hambaKu kepadaKu". Jadi selalu berprasangkalah (berpikirlah) yang baik-baik kepada Allah, maka Allah akan baik ke kita. Allah SWT selalu bersama hambaNya yang percaya kepadaNya. Jadi kalau Anda sudah selalu merasa bersama Tuhan; tidak ada sesuatupun yang akan bisa menghalangi Anda. Tiada Tuhan selain Allah. Maha suci Allah dengan segala firmanNya.

Ke enam, Anda bisa membangkitkan, melatih dan mengasah serta memanfaatkan kekuatan intuisi Anda lewat berbagai teknik meditasi, yang sudah saya bahas pada bab terdahulu di Blog Saya ini.

Adalah suatu fakta, bahwa manusia bisa menerima suatu pengetahuan akurat melalui sumber-sumber selain kelima panca indera fisik yang sudah kita kenal. Pengetahuan seperti itu biasanya dapat diterima, pada saat pikiran berada dalam kondisi di bawah rangsangan luar biasa. Suatu keadaan darurat apapun itu, yang membangkitkan emosi dan menyebabkan jantung kita berdenyut lebih cepat dibandingkan keadaan normal; maka hal itu biasanya akan memicu bangkitnya kekuatan luar biasa dari "indera ke enam".

Anda sebenarnya bisa belajar mengenali adanya sinyal-sinyal intuisi tersebut. Biasanya sinyal-sinyal peringatan intuisi itu bisa berupa:

Pertama, seperti peringatan awal, dalam bentuk suara hati, gambaran-gambaran, suatu sensasi yang terasa janggal atau adanya sebuah perasaan halus yang sepertinya menyatakan bahwa akan terjadi atau telah terjadi hal-hal yang tidak pada tempatnya dan tidak semestinya atau sesuatu kebohongan tengah berlangsung.
Ke dua, sinyal peringatan itu akan terus berlangsung berulang-ulang dalam bentuk samar-samar, tetapi dengan tekanan yang lebih kuat namun halus. Pada saat Anda menerima sinyal-sinyal peringatan semacam tadi, sebaiknya jangan diabaikan begitu saja; tanyakan lebih dulu kepada diri Anda dan rasakanlah dengan perasaan dan emosi mendalam. Jika hal itu berhubungan dengan suatu intuisi, maka Anda pasti akan bisa menemukan maknanya.

Setiap individu yang pernah hampir celaka dalam suatu peristiwa, pasti tahu dan pernah merasakan bantuan dari indera ke enam ini, seakan-akan ada suatu tuntunan yang tak terlihat, yang menyelamatkan dirinya dari mara bahaya gawat itu. Intuisi indera ke enam kita bisa menghadirkan semacam mukjizat.

Kekuatan intuisi dapat menjadi sarana yang bermanfaat, jika dikembangkan dan diberi perhatian khusus. Sekali Anda dapat membuka jalan ke arah sana, intuisi akan bertindak sebagai penunjuk arah jalan Anda, dan dapat menunjukkan tanda bahaya di sepanjang perjalanan; yang menjadi tanda ke arah mana yang harus dituju, masalah apa yang harus dihindari; atau apa yang harus dilakukan sebagai persiapan, agar dapat beradaptasi dan menyelesaikan masalah dengan sukses.

Selamat melatih dan mengasah kekuatan intuisi Anda, sehingga intuisi Anda bisa benar-benar bermanfaat bagi kehidupan Anda, untuk karir, bisnis maupun kebahagiaan keluarga Anda sendiri...serta bisa membuat lingkungan di sekitar Anda selalu ceria bergembira.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini