Asysyam

“Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensuciikan jiwanya, dan sungguh merugilah orang yang mengotori jiwanya”

Jumat, 01 Oktober 2010

Nama dan Sifat Alquran

Allah menamakan Alquran dgn beberapa nama; Alquran Alquran ini memberi petunjuk kepada jalan yg lbh lurus. .
Kitab Telah kami turunkan kepadamu al-kitab yg di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. .
Furqan Maha suci Allah yg telah menurunkan Al-Furqan kepada hamba-Nya agar dia menjadi pemberi peringatan kepada semesta alam. .
Zikr Sesungguhnya kamilah yg telah menurunkan az-zikr dan sesungguhnya kamilah yg benar-benar akan menjaganya. .
Tanzil Dan Alquran ini Tanzil dari Tuhan semesta alam. {Asy-Syu’ara 192}.
Quran dan al-kitab lbh populer dari nama-nama yg lain. Dalam hal ini Dr.
Muhammad Abdullah Daraz berkata Ia dinamakan Quran krn ia ‘dibaca’ dgn lisan dan dinamakan al-kitab krn ia ‘ditulis’ dgn pena. Kedua nama ini menunjukkan makna yg sesuai dgn kenyataannya.
Penamaan Quran dgn kedua nama ini memberikan isyarat bahwa selayaknyalah ia dipelihara dalam bentuk hapalan dan tulisan. Dengan demikian apabila di antara salah satunya ada yg melenceng maka yg lain akan meluruskannya.
Kita tidak dapat menyandarkan hanya kepada seseorang sebelum hapalannya sesuai dgn tulisan yg telah disepakati oleh para sahabat yg dinukilkan kepada kita dari generasi ke generasi menurut keadaan sewaktu dibuatnya pertama kali. Dan kita pun tidak dapat menyandarkan hanya kepada tulisan penulis sebelum tulisan itu sesuai dgn hapalan tersebut berdasarkan isnad yg sahih dan mutawatir.
Dengan penjagaan yg ganda ini yg oleh Allah telah ditanamkan ke dalam jiwa umat Muhammad utk mengikuti langkah Nabi-Nya maka Quran tetap terjaga dalam benteng yg kokoh. Hal itu tidak lain utk mewujudkan janji Allah yg menjamin terpeliharanya Quran seperti difirmankan-Nya Sesungguhnya kamilah yg telah menurunkan az-zikr dan sesungguhnya kamilah yg benar-benar akan menjaganya. .
Dengan demikian Quran tidak mengalami penyimpangan perubahan dan keterputusan sanad seperti terjadi pada kitab-kitab terdahulu.
Penjagaan ganda ini di antaranya menjelaskan bahwa kitab-kita samawi lainnya diturunkan hanya dalam waktu itu sedang Quran diturunkan utk membetulkan dan menguji kitab-kitab yg sebelumnya. Karena itu Quran mencakup hakikat yg ada di dalam kita-kitab terdahulu dan menambahnya dgn tambahan yg dikehendaki Allah. Quran menjalankan fungsi kitab-kitab sebelumnya tetapi kitab-kitab itu tidak dapat menempati posisinya. Allah telah menakdirkan utk menjadikannya sebagai bukti sampai hari kiamat. Dan apabila Allah menghendaki suatu perkara maka Dia akan mempermudah jalannya ke arah itu.
Karena Dia Mahabijaksana dan Mahatahu. Inilah alasan yg paling kuat.
Allah telah melukiskan Quran dgn beberapa sifat di antaranya sebagai berikut.
Nur Wahai manusia telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yg terang benderang. .
Huda Syifa’ Rahmah dan Mau’izah Wahai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu nasihat dari Tuhanmu dan obat bagi yg ada di dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yg beriman. .
Mubin Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yg menerangkan. .
Mubarak Dan Alquran ini adl kitab yg telah kami berkahi membenarkan kitab-kitab yg diturnkan sebelumnya .. .
Busyra .. yg membenarkan kitab-kitab yg sebelumnya dan menjadikan petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yg beriman. .
‘Aziz Mereka yg mengingkari az-zikr ketika Alquran datang kepada mereka . Alquran adl kitab yg mulia. {Fusilat 41}.
Majid Bahkan yg mereka dustakan itu adl Alquran yg dihormati. {Al-Buruj 21}.
Basyir dan Nazir Kitab yg dijelaskan ayat-ayatnya yakni bacaan dalam bahasa Arab utk kaum yg mengetahui yg membawa kabar gembira dan yg membawa peringatan.
.
Setiap penamaan atau pelukisan itu merupakan salah satu makna dalam Quran.
Sumber Studi Ilmu-Ilmu Quran terjemahan dari Mabaahits fii ‘Uluumil Quraan Manna’ Khaliil al-Qattaan.
sumber file al_islam.chm

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini