Asysyam

“Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensuciikan jiwanya, dan sungguh merugilah orang yang mengotori jiwanya”

Selasa, 28 September 2010

5 Perkara Penyebab Kehancuran

ketika tengah mereview buku Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq , saya tersentak menemukan hadits ini. Empat belas abad silam, Rasulullah telah memprediksikan sebab-sebab kehancuran dan kerusakan umat Islam. Maka, saya menamai tulisan ini dengan “5 Perkara Penyebab Kehancuran”.
Dari Ibnu Umar ra., bahwa Rasulullah saw bersabda:
“Hai golongan Muhajirin, ada lima perkara yang jika kamu ditimpa atau ia terjadi di lingkunganmu, aku berlindung kepada Allah agar kalian tidak sempat menemuinya.
Pertama, apabila di suatu kaum merebak perbuatan zina hingga mereka melakukannya secara terang-terangan, mereka akan diserang penyakit-penyakit yang belum pernah dialami oleh nenek moyang mereka.
Kedua, apabila mereka mengurangi timbangan dan takaran, mereka akan dihukum dengan kemiskinan dan kelaliman dari pihak penguasa.
Ketiga, apabila mereka enggan membayar zakat, mereka akan terhalang memperoleh hujan dari langit. Sekiranya tidak ada hewan ternak, niscaya mereka tidak akan pernah dituruni hujan. Keempat, mereka tidak melanggar janji Allah dan janji Rasul-Nya. Jika mereka melanggar, mereka akan dijajah musuh dari bangsa lain yang akan merampas sebagian kekayaan mereka.
Kelima, selama para pemimpin mereka tidak menjalankan hukum-hukum yang terdapat dalam Kitabullah, masing-masing mereka akan saling bersengketa di antara mereka sendiri.”
Maka Kawan, manakah dari kelima perkara di atas yang belum kita saksikan? Semoga kita termasuk dalam golongan orang yang memperhatikan.
Wallahu a’lam bis showab..

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini