Asysyam

“Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensuciikan jiwanya, dan sungguh merugilah orang yang mengotori jiwanya”

Sabtu, 25 September 2010

Hati Yang Berbunga-bunga dan Bunga Melati

Pas sekali, antara yang saya pikirkan dengan pemandangan yang baru saja saya lihat. Tentang Hati yang berbunga-bunga, dan he kebetulan saat pagi sudah agak meninggi ini pandangan saya bertumbuk pada perdu kecil mungil nan indah di beranda depan. Apa lagi kalau bukan si melati putih. Hati yang berbunga-bunga dan bunga melati.

Ingatkah anda pada pesan para tetua kita tentang pentingnya mengendalikan diri. Kalau saya rubah sedikit redaksinya, hal yang paling penting untuk kita lakukan dalam hidup kita adalah mengendalikan pikiran kita. Ya pengendalian diri lebih berarti pengendalian pikiran. Pikiran tidak perlu terlalu dikekang dan dikungkung, sesekali biarkan ia mengembara menemukan air jernih di oase jiwanya. Tetapi pikirannyapun jangan perbolehkan untuk menjajah kita

Kita adalah apa yang kita pikirkan. Begitukan kata-kata si orang bijak. Bila kita memikirkan hal yang rumit-rumit, hal yang sulit, hal-hal negatif yang membuat sedih, kecewa dan marah yang berlarut-larut maka hati kitapun akan menjadi berduri. Sebaliknya, bila kita memikirkan hal-hal yang membahagiakan, kita memikirkan apa hal positif yang bisa kita lakukan, memikirkan hal-hal yang ceria, maka hati kitapun akan menjadi berbunga-bunga.

Begitulah. Hati saya sedang berbunga-bunga saat ini kawan. Tidak saja karena baru diingatkan seorang teman di Facebook tentang hal ini, juga karena baru saja menatap indahnya si melati putih tadi. Melati putih itu seperti sedang tersenyum pada saya, juga pada dunia. Hati yang berbunga-bunga dan bunga melati, klop sekali.

Bagaimana perasaan hati anda saat ini ? Bisa beraneka ya jawabannya. Bila saat ini pikiran anda sedang rumit, resah, merasa kecewa, atau marah, mari positifkan pikiran kita. Buang jauh kesedihan, kekecewaan, apalagi kemarahan. Mari jadikan hati kita berbunga-bunga. Demikian sedikit soul jouney saya hari ini. Selamat pagi semua.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini