Asysyam

“Sesungguhnya berbahagialah orang yang mensuciikan jiwanya, dan sungguh merugilah orang yang mengotori jiwanya”

Sabtu, 04 Desember 2010

Membuka tabir rangkaian kesulitan.


Kesulitan akan menguji arti sebuah kekeluargaan, arti sebuah persahabatan, hubungan kekerabatan, hubungan persaudaraan. Kesulitan akan menguji rasa empati dan simpati seseorang, kesulitan menilai seberapa tinggi rasa saling menghargai, atas apa yang sudah di miliki yang kini telah hilang di telan sepi kesulitan.

Kesulitan membayar mahal sebuah harga kesabaran, ketabahan dan keikhtiaran. Hari ini aku baru sadar kesulitan akan membuat orang di sekitarmu menjauh darimu, kesulitanmu membuat orang langsung membelakangimu.

Kesulitan akan membuatmu sendiri dalam perjalananmu, walau mereka tau, telah jatuh air matamu di kaki yang berdarah, tapi kesulitan membuka mata hatimu, bahwa mereka tidak ada di sampingmu, kesulitan mengajarimu, betapa beratnya untuk bangkit dan berlari, rasa sabar habis di makan keletihan hatimu, ketabahan sirna terhantam luka di tubuhmu, tangismu menambah hancur harapan di depanmu.

Hari ini aku baru tau, bahwa kesulitan akan membuatku sendiri berjalan tanpa mentari di sampingku. Kini aku baru sadar kesulitan harus kuhadapi sendiri, aku harus bangkit kembali, mampu berlari kembali dan tersenyum lagi.

Kesulitan membuat kesalah pahaman di sekitarku, dan hari ini aku tak percaya apa yang sudah mereka lakukan kepadaku, kesulitan tidak membuat ku lebih dekat kepada keluargaku. Dan kini aku percaya uang dan harta telah menguji hati – hati diantara mereka. Dan uang dan harta tak mengenal arti sebuah hubungan keluarga, hancur sudah rasa saling menghargai, rasa saling berempati dan simpati dan aku tak percaya syaitan pun ikut merusak hubungan ini dengan godaan uang dan harta, aku tak percaya ini bisa terjadi di rumah ini.

Kesulitan akan menguji hati seseorang … hari ini aku baru tau, siapa yang benar – benar saudara yang baik, kesalahpahaman di masa lalu, aku sungguh keterlaluan, harap jangan kau simpan di hati …

Kesulitan dan kelapangan akan selalu menguji hati ini …
"orang yang beriman, mereka tidak pernah berputus asa dari rahmat Alloh. Mereka yakin dengan janji Alloh bahwa pada setiap kesulitan itu diapit oleh kemudahan. (QS. Alam Nasyrah  : 6).







Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini